Mengunjungi Bunker Jepang di Halmahera Timur

Nganatrip - Bunker ini dapat kalian temukan sekitar 50 meter dari pesisir pantai Desa Hatetabako. Bangunan ini memiliki struktur beton dan kerangka besi terdapat empat pintu dan dua ruangan, masing-masing ruangannya dihubungkan dengan lorong-lorong panjang.

Bunker ini merupakan peninggalan Jepang ketika perang Dunia II, bungker daat di jumpai di Desa Hatetabako, Kecamatan Wasile Tengah, Kabupaten Halmahera Timur. Peninggalan bersejarah ini yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke desa Hatetabako. Bangunan ini dibangun oleh pasukan Jepang pada tahun 1943 untuk menghalau serangan udara dan laut pasukan sekutu yang bermarkas di pulau Morotai. Namun pada tahun 1944 pasukan Jepang dikalahkan oleh sekutu pada perang Pasifik. 
bunker peninggalan jepang di desa hatetabako kab. halmahera timur - foto : situs resmi pariwisatahaltim.com

Tidak hanya bunker yang bisa kalian temui tetapi juga Meriam yang juga peninggalan Jepanag. Akan tetapi moncong meriam telah rusak, karena sengaja telah dirusaki oleh pasukan sekutu dengan cara meledakkan granat di moncong meriam. Kawasan ini di bombardir oleh pasukan sekutu di bulan November hingga Desember 1944.

Kalian juga dapat menemukan bunker yang terdiri dari 20 pintu yang menjadi tempat persembunyian tentara Jepang.Bunker tersebut terbuat dari tanah liat dan dipahat dengan sempurna. Dari satu pintu ke pintu lain saling berhubungan.

Karena letaknya yang dekat dengan pesisir pantai, sehingga ketika berkunjung ke tempat bersejarah ini, kalian tidak hanya disuguhkan dengan peninggalan Jepang saja tetapi juga keindahan pantai yang membentang dengan pasir putihnya. Tempat ini dapat di tempuh dengan jaraknya sekitar 30 km dari Desa Subaim di Kecamatan Wasile. Menggunakan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat, waktu kunjungan yang terbaik adalah pada saat musim kemarau.

bagikan artikel ini dan tinggalkan komentar kalian dibawah kemudian like Facebook kami !

0 Response to "Mengunjungi Bunker Jepang di Halmahera Timur"

Post a Comment