Mengenal Kepulauan Sula Dengan Wisata Alam Yang Menakjubkan

Nganatrip - Kepulauan Sula atau sring di singkat Kepsul adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Maluku Utara. Ibukota Kabupaten Sula adalah Sanana, kabupaten ini terletak paling selatan di wilayah Maluku Utara. Jarak dari Kota Ternate ke Sanana adalah sekitar 284 km yang dapat ditempuh melalui penerbangan udara dan pelayaran laut. Perjalanan yang cukup jauh ke Kepulauan Sula tidak membatasi minat turis asing untuk mengunjungi kepulauan ini karena memiliki  kekayaan alam, bahari, sejarah, seni dan budayanya.

Kabupaten ini merupakan daerah agraris, khususnya perkebunan. Dari tanah Sula banyak menghasilkan kelapa, cengkeh, pala dan kakao. Selain itu, Kepulauan Sula juga kaya dengan hasil laut dan kandungan yang terpendam di dalam bumi. Mata pencaharian utama masyarakat saat ini hanya bertumpu pada sektor kehutanan dan perikanan yang mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah.

Baca Juga Mengena Pulau Halmahera

Pemerintah Kabupaten Kepul ini juga sering menyelenggarakan Festival Teluk Capalulu (FTC) atau Festival Wae Santosa setiap tahunya yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan wisata bahari, seni dan budaya setempat yang tentunya menjadi hal yang menarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi Kabupaten Kepsul ini.


Lantas wisata apa saja yang memiliki keindahan di Kepulauan Sula ini, berikut :

1. Air Terjun Wailu

Air terjun Wailu memiliki ketingan sekitar sekitar 30 meter dengan kontur bertingkat-tingkat. Air terjun ini sangat jernih yang akan menggoda Anda segera menyegarkan diri saat Anda tiba di lokasi ini. Wisata air terjun ini berada di desa  desa Wailau, Kecamatan Sanana sekitar 40 menit untuk bisa sampai ke air terjun Wailu. Dalam perjalanan ke lokasi air terjun, kalian akan disuguhkan dengan pemangan hutan yang masih asli dan sejuk dan juga perkebunan masyarakat setempat. 



2. Pulau Pagama

keindahan pulau pagama  - foto : Eroza
Pulau Pagama adalah salah satu ikon keindahan Kepulauan Sula, Panorama di pulau ini sangat indah dengan pasir putih halus. Pulau Pagama juga terdapat taman laut yang indah, sehingga lokasi ini cocok untuk penggemar diving. Pulau ini dapat ditempuh sekitar 1.5 jam dari ibu kota Sanana dengan menggunakan speedboat.

Selain itu keindahan bawah laut pulau ini memiliki kontor yang berbentuk slopingjarak pandang kejernihan air mencapai 30 meter, serta terdapat terumbu karang yang masih terjaga dan biota-biota laut lainnya di kedalaman 15 hingga 20 meter. Pulau ini  juga banyak terdapat pohon pinus yang membuat pulau ini menjadi sejuk dan menambah keindahan pulau Pagama.



3. Pantai Fat Fina Koa

pantai fat fina koa - foto : facebook Ipul Fatfinakoa
Keunikan dari pantai Fat Fina Koa ini adalah kalian dapat menemukan tebing yang curam di pinggir pantai dengan landscape yang menarik, dan juga memiliki keindahan yang luar biasa. Pada cerita rakyat warga setempat  mengenai seorang perempuan gadis yang kemudian menjadi Batu, sehingga batu tersebut sering disebut "Batu Nona". Fat Fina Koa ini berada di bagian timur Pulau Mangoli, tepat di Desa Waisakai. Anda dapat menggunakan speedboat ke lokasi ini dengan lama perjalanan sekitar 2 jam dari ibu kota Kepulauan Sula  Sanana.
Tinggalkan Komentar kalian di bawah dan janagan lupa untuk Like Facabook kami !

0 Response to "Mengenal Kepulauan Sula Dengan Wisata Alam Yang Menakjubkan"

Post a Comment