Keindahan Pulau Lede Yang Wajib Kamu Tahu

pemandangan pulau Lede - foto :Retnada

Nganatrip -  Pulau Lede memiliki air laut yang biru memiliki berbagai macam biota laut dan ada juga yang unik, kalian bisa menjumpai ikan karang seperti Wonderpus, Giant Gobby yaitu jenis ikan karang yang berkelompok, Terdapat juga spesies seperti Nudibranch dengan tipe dan warna yang berfariasi.

Baca Juga Sebelum Berlibur Keluar Negeri, Sebaiknya Ke Pulau Morotai Terlebih Dahulu

foto by blog Rusmin Djosmar
Pulau Lede yang terletak di desa Lede, Kabupaten Pulau Taliabu, Kabupaten Pulau Taliabu adalah salah satu Kabupaten di provinsi Maluku Utara, Pulau Taliabu merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kepulauan Sula yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB). 

Pulau Lede ini ternyata memiliki keindahan tersembunyi yang masih banyak orang belum mengetahunya.  Selain memiliki pemandangan yang sangat inda, pulau ini bisa menjadi tempat yang sangat tepat bagi pecinta diving. Pantai di pulau ini yang sering di sebebut dengan pantai Laleo memiliki pasir putih yang membentang sepanjang 3 km yang sangat memanjakan mata dan pastinya kalian akan merasa betah berapda di pulu ini. 

Jika ingin menyelam, lokasi ini terdapat titik koordinatS 1°41′52.8″ E 124°21′55.8″ dengan jarak pandang air mencapai 15 sampai 20 meter dan suhu air berkisar antara 27-29 derajat Celcius dengan kecepatan arus hingga mencapai 2 knot. Selain keindahan alam di pulai Lede, kalian juga bisa  mengelilingi desa dan melihat kehidupan dan kegiatan  masyarakat disana. Desa ini dapat ditempuh dengan menggunakan speedboad dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dari pelabuhan Bobong, Ibukota Pulau Taliabu.

Pemandangan lain pulau Lede : foto : Dasep Gunawan

4 Responses to "Keindahan Pulau Lede Yang Wajib Kamu Tahu"

  1. koreksi!!!!!, itu BUKAN pulau lede, tapi pulau2 depan desa kramat dan meranti jaya..., yg letakx di kecamatan taliabu barat (foto dari Retnada dan dasep gunawan),

    lede bukan pulau, tpi desa seakligus kecamatan,jadi tidak ada tu pulau lede...,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas masukanya !!

      Delete
    2. Jadi kangen pantai laleo lede, kramat, bobong dll ingat waktu th 2013 sudah banyak perubahan yang terjadi ...

      Delete