Pulau-Pulau Cantik Ini Berada Di Maluku Utara

Pulau-pulau Kecil di kayoa - foto : Ilham Arch

Nganatrip - Jika berbicara keindahan Indonesia memang tidak akan ada habisnya, sebab tempat-tempat wisata yang indah dan cantik tidak hanya ada di luar negeri tapi di negeri kita sendiri. Tidak terkecuali Provinsi Maluku Utara yang berbentuk kepulauan tentunya memililiki banyak pulau-pulau kecil, diantara banyaknya pulau yang ada tidak sedikit yang memiliki pemandangan yang luar biasa namun masih banyak yang belum tereksplor.

Baca juga :
Indahnya Pantai Halmahera Yang Wajib Kamu Ketahui
Telaga Paca Halmahera, Wisata Penuh Legenda
Batu Babua, Batu Yang Konon Bisa Berbuah

1. Pulau Sai
Pulau Sai - foto : Rusmin Djosmar
Pulau yang tidak perpenghuni ini memilki bentuk yang mungil ini berada di Kecamatan Maba Selatan. Pulau ini di kelilingi oleh pantai berpasir putih dan halus, dan ombak yang tidak teralu kuat sangat cocok bagi anda yang suka snorkeling. 

2. Pulau Yoi dan Uta


Pulau Yoi - Foto : blog Rusmin Djosmar



Kedua Pulau ini berada di Kecamatan Pulau Gebe, Halmahera Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Kedua Pulau ini memiliki pasir yang putih. Pulau Yoi adalah pulau penghasil kepiting yang cukup terkenal keunikan dari pulau ini memiliki cekungan seperti danau, warga setempat menyebutnya dengan telaga Yoi dan menjadi tempat penangkaran kepiting dan ikan oleh masyarakat. Sekitar 30 menit untuk bisa mencapai pulau ini.

Keindahan Pulau Uta yang berdekatan dengan Raja Ampat yang membuat pulau ini memiliki pemandangan sangat indah ini yang menjadi daya tarik pulau ini, Pulau kecil yang tak berpenghuni ini menjadi tempat bertelurnya kepiting kelapa dan merupakan tempat habitatnya, kepiting biasa bersembunyi di lubang-lubang di dalam tanah dan juga lubang di pohon yang sudah membusuk.

3. Pulau Damar
Pulu Damar - Foto : foto : blog desa idamdehe.wordpress.com


Pulau ini adalah salah satu destinasi wisata Maluku Utara tepatnya desa Idamdehe, Jailolo, Halmahera Barat. Keunikan pulau ini adalah banyaknya pohon yang tumbuh di atas pulau ini dan menjadi ikon desa Idamdehe. Di pulau ini kalian juga bisa melihat pemandangan yang sangat memukau dan dapat memanjakan mata, tidak hanya itu kalian juga bisa memancing ikan di sini

Berdasrkan cerita rakyat yang populer, Pulau Damar dulunya adalah sebuah kapal perang yang dikalahkan oleh Saiya, dan seiring berjalannya waktu, kapal tersebut perlahan berubah menjadi pulau yang besar seperti saat ini.

4. Pulau Dodola

Pulau Dodola Dengan Pasir Putihnya - foto : Rusmin Djosmar
Pulau yang satu ini merupakan salah satu pulau terindah yang ada di Provinsi Maluku Utara, Pulau ini masuk dalam wilayah kabupaten  pulau Morotai. Pasir yang sangat putih menambah keindahan pantai di pulau ini. Yang unik darri pulau Dodola ini adalah memiliki dua ukuran gugusan pulau yang berbeda yang biasa di sebut Dodola Kecil dan Besar, jarak keduanya hanya sekitar 500 meter dengan pasir putih yang membentang ketika air laut sedang turun.

Jika kalian memiliki kesempatan bisa mengunjungi pulau ini pasti kalian akan langsung terpesina dengan keindahanya, desiran ombak dan air lautnya yang sangat jernih bagaikan kristal kaca yang berkilauan ketika terkena sinar matahari. Untuk mengunjungi pulau ini bisa di tempuh dari kota Ternate menuju Pulau Morotai  dengan menaiki pesawat cessna kemudian dilanjutkan dengan dengan menggunakan speedboat dari Daruba menuju kepulau Dodola, ada alternatif kedua melalui kota Tobelo menuju Pulau Morotai mengunakan kapal Ferry kemudian di lanjutkan menuju pulau Dodola.

5. Pulau Lelei dan Guraici


Kedua pulau ini berada di selatan pulau Halmahera tepatnya di kepulauan Kayoa, pulau ini berada tepat di garis katulistiwa yang membuat kedua pulau ini memiliki suhu panas. kita dapat menyaksikan ke jernihan air lau di pulau ini, di tambah lagi dengan adanya kerumunan ikan lumba-lumba yang membuat anda semakin betah jika mengunjungi pulau ini. Tidak hanya itu, kalian juga bisa melihat pemandangan saat matahari tenggelam.
Pemandangan matahari terbenan - foto : blog Ilaham Arch

7. Pulau Bobale

Pantai Bobale adalah pulau kecil yang berpenghuni, pulau ini memiliki pantai pasir putih dan warna laut yang biru dan jernih seperti kaca yang menjadi tujuan penyelam. Terletak di wilayah Kao, Halmahera Utara.  

Kalian dapat menemukan terumbu karang yang masih alami dan biota laut di kedalaman 10-20 meter, selain itu juga bisa di temukan peninggalan Jepang pada perang Dunia II, kalian dapat mengunjungi bangker dengan 3 ruangan sedang yang terletak di dakat  pantai. Pulau ini juga dikenal sebagai penghasil mutiara dan pengrajin cangkang mutiara atau Ngaco yang sering disebut warga setempat yang telah bertahun-tahun.

Bagikan artikel ini dan jangan lupa tinggalkan  komentar kalian kemudian jangan lupa like Facebook kami !

0 Response to "Pulau-Pulau Cantik Ini Berada Di Maluku Utara"

Post a Comment